Posted by : Muhammad Al Fayed Sabtu, 05 Oktober 2013


Hai teman-teman, sekarang saya muhammad al fayed '15 ganteng akan memberikan cara konfigurasi / setting IP address di GUI (Graphical User Interface) dari Ubuntu dan Windows. yang saya praktekan ini dari laptop saya yang memakai ubuntu dan disambungkan kabel LAN (Peer to Peer) ke laptop temen saya (agus sw '16 item) memakai windows 8. yuk langsung aja kita liat tutornya, cekidotz..

1. Buka ubuntu nya (penting ini :v)

2. Klik Start ubuntunya pilih atau tulis/ketikan network, dan pilih Network Connections



3. Setelah diklik, bakal keluar menu Network Connections



4. Klik Edit


5. Pilih dimenubarnya IPv4 Settings


6. Ganti Method nya dari Automatic (DHCP) ke Manual.
    *yang belum ngerti DHCP itu apa bisa klik disini


7. Klik Add, setelah itu isi Address, Submask, Gateway & DNS Servers



8. Setelah itu klik Routes, pilih Add dan isi kembali Address, Submask & Gateway.





9. Setelah di OK & Save. Buka Terminal & ping IP anda sendiri. seperti contoh digambar; ping 192.168.1.2 dan Enter



10. Setelah di Enter, bila keluar tulisan seperti digambar berarti anda berhasil ping IP anda sendiri.


11. Setelah itu ping lagi ke Default Gateway / Server yang sudah di setting tadi.


12. Bila berhasil, ping ke Teman anda yang menggunakan Windows yang sudah di setting IPnya (Cara setting IP di windows setelah ini)


Dan ini setting / konfigurasi IP Address di Windows dan akan ping ke ubunbu saya. kebetulan temen saya pake Windows 8~

1. Klik Kanan di Network Access kalian, biasanya ada di pojok kanan bawah/atas yang wifi/lan. pilih Open Network and Sharing Center.


2. Setelah itu pilih Change Adapter Setting di Pilihan Kiri. Dan Klik kanan di Ethernet pilih Properties.


3. Setelah itu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Pv4) klik Properties. Pilih Use the following IP address, isi IP Address, Subnet mask & Default gateway dan bila mau isi juga Preferred DNS Server bisa di isi juga yang berbeda dari yang ubuntu tadi (tetap peer to peer)


4. Setelah itu, Ping IP anda sendiri


5. bila berhasil, lanjut lagi Ping IP Teman anda yang di ubuntu.


Done :)

Sekian artikel dari saya (muhammad al fayed, 15, muhalfayed) "Tutorial Konfigurasi/setting IP Address GUI" semoga artikel saya bermanfaat buat kita semua. wassalam~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Post In Month/Year

Muhammad Al Fayed. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Post

- Copyright © Muhammad Al Fayed blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Muhammad Al Fayed -