Posted by : Muhammad Al Fayed Rabu, 24 Juli 2013

           Pada tutor kali ini saya (muhammad al fayed, 15, cool) akan membahas "Perbedaan DHCP Server dan DHCP Client" langsung aja yuks dari pada banyak basa-basi, kepedean hehe. cekidot~


DHCP merupakan sebuah protokol yang menggunakan arsitektur client/server, maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakni DHCP Server dan DHCP Client.

  • DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.

    Ini artikel yang saya kutip dari blognya http://afing.wordpress.com
    "DHCP server adalah suatu layanan yang diberikan pada komputer server untuk dapat melakukan layanan berupa pengisian IP address pada tiap komputer client secara otomotis . Kegiatan pengisian IP address pada tiap komputer client hanya bersifat sementara, dengan cara server meminjamkan IP addressnya. Salah satu program yang mampu memberikan layanan DHCP server pada linux Debian adalah DHCP3-Server."

  • DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.


Sekian artikel dari saya (muhammad al fayed, 15, muhalfayed) "Perbedaan DHCP Server & DHCP Client" semoga artikel saya bermanfaat buat kita semua. wassalam~

{ 3 Komentar... read them below or Comment }

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nice Postingan nya gan, sangat berkaitan sekali dengan artikel saya yang membahas DHCP Server dengan Mikrotik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan, thanks juga sudah visit.. salam networking!!

      Hapus

Post In Month/Year

Muhammad Al Fayed. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Post

- Copyright © Muhammad Al Fayed blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Muhammad Al Fayed -